Berita

PENERIMAAN VISITASI LATPIMNAS TINGKAT II TAHUN 2022
Blog Single

PENERIMAAN VISITASI LATPIMNAS TINGKAT II TAHUN 2022


Hari ini, Selasa 15 Maret 2022 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Tengah difasilitasi oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Lombok Tengah, menerima kunjungan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Tengah terkait Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (Latpimnas) Tingkat II Tahun 2022 di Ballroom Kantor Bupati Lombok Tengah. Acara dihadiri oleh para Pejabat Pemda Lombok Tengah dan Peserta Latpimnas yang seluruhnya adalah Pejabat Eselon II Provinsi Jawa Tengah.

Acara dimulai dengan sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, ST. MT. yang dilanjutkan dengan pemaparan singkat tentang gambaran pelaksanaan tupoksi dan inovasi dari Dinas Pariwisata dan Dinas Dukcapil yang menjadi lokus dari Latpimnas. Dinas Dukcapil Lombok Tengah melalui Kepala Dinas, Baiq Anita Nindiana, S.Sos memaparkan inovasi pelayanan adminduk semasa pandemi adalah dengan pelaksanaan program 'BEGERUSUK', yang merupakan singkatan dari Bersama Kita Gerakkan Administrasi Kependudukan. Dalam Pemaparannya, dijelaskan bahwa program Begerusuk terbagi menjadi dua metode, yaitu pelayanan adminduk secara offline dan online. Pelayanan secara offline adalah dengan cara aktif terjun langsung ke desa-desa bahkan sampai kerumah warga, yang dikenal dengan 'Sambang Gubuk', melibatkan petugas dinas Dukcapil yang terbagi menjadi beberapa tim dengan didampingi petugas registrasi di masing-masing desa. Hal ini bertujuan untuk memecah konsentrasi massa sehingga protokol kesehatan tetap ditaati sebagaimana mestinya. Adapun secara online dilakukan dengan peluncuran aplikasi SEMAIK (Sistem Informasi Permohonan Online Dukcapil), dimana dalam mengajukan berkas permohonan, masyarakat cukup mengajukan via Website atau via Handphone (berbasis Android) sehingga tidak perlu mendatangi kantor Dinas Dukcapil atau loket pelayanan kecamatan.


Seusai pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung pelaksanaan pelayanan adminduk di Dinas Dukcapil Lombok Tengah. Melihat antusias warga dalam rangka memiliki dokumen kependudukan, para peserta Latpimnas Tk. II Tahun 2022 sangat mengapresiasi kinerja Dinas Dukcapil Lombok Tengah dalam menyadarkan masyarakat guna mendorong tingkat kepemilikan dokumen kependudukan. Hal ini selaras dengan peningkatan kepemilikan dokumen kependudukan khususnya Kartu Identitas Anak (KIA) yang menjadi fokus peningkatan, dimana sebelum launching program 'Begerusuk' (2020) jumlah kepemilikan KIA hanya sebesar 27.428 orang, yang meningkat secara signifikan setelah program Begerusuk (2021) yaitu sebesar 107.339 orang.


Setelah meninjau langsung pelaksanaan pelayanan adminduk, para peserta Latpimnas II Tahun 2022 mohon pamit kepada Kepala Dinas Dukcapil Lombok Tengah yang didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Lombok Tengah untuk melanjutkan kegiatan peninjauan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah.

Related Posts: